Variabel

By Rahmat Febrianto On Saturday, November 15, 2008 At 2:53 PM

Tanya: 
Apakah yang dimaksud dengan variabel? 

Jawab: 
Variabel adalah segala sesuatu yang bisa memiliki nilai berbeda jika kondisi yang mengenainya berubah. Contoh variabel misalnya: unit produksi yang bisa berubah dengan penggunaan mesin baru; motivasi yang bisa berubah karena sistem penggajian. 


Tanya: 
Apakah semua penelitian harus memiliki variabel? 

Jawab: 
Tentu saja harus ada. Jika tidak ada variabel, tidak ada yang akan diukur dan berarti tidak ada penelitian. 


Tanya: 
Apakah harus selalu ada variabel dependen dan independen? 

Jawab: 
Variabel harus selalu ada tapi tidak semua penelitian yang memiliki kedua variabel tersebut. Penelitian yang meneliti korelasi antar variabel atau yang meneliti hubungan kausalitas adalah penelitian yang harus memiliki kedua jenis variabel. Misalnya hubungan antara motivasi pegawai dengan sistem penggajian adalah contoh penelitian yang memiliki variabel dependen (motivasi) dan variabel independen (sistem penggajian). 


Tanya: 
Apa contoh penelitian yang tidak membutuhkan kedua variabel sekaligus? 

Jawab: 
Misalnya penelitian yang ingin melihat perbedaan produktifitas dua kelompok buruh pabrik setelah mereka diberikan pelatihan yang berbeda. Atau, penelitian yang ingin melihat apakah kinerja perusahaan sebelum dan setelah merjer lebih baik atau lebih buruk. Di sini jelas hanya ada satu variabel yaitu produktivitas untuk contoh yang pertama dan kinerja untuk contoh yang kedua.

for this post

Leave a Reply