Unit analisis

By Rahmat Febrianto On Saturday, November 15, 2008 At 1:14 PM

Tanya:
Apa yang dimaksud dengan unit analisis dan mengapa penentuan unit analisis itu penting?


Jawab:
Unit analisis adalah pada level mana data ingin kita kumpulkan. Penentuan unit analisis ini penting agar kita tidak salah dalam pengumpulan data dan pengambilan simpulan nantinya.




Tanya:
Apa contoh unit analisis tersebut?


Jawab:
Misalnya anda ingin mengetahui bagaimana peran pemberian bonus akan meningkatkan motivasi karyawan bagian penjualan. Di sini yang ingin anda ketahui adalah perubahan prestasi karyawan yang mendapatkan bonus. Unit analisisnya dengan demikian adalah karyawan atau individu yang mendapatkan bonus tersebut.


Tanya:
Selain individu apakah kelompok-kelompok yang lebih besar bisa menjadi unit analisis?


Jawab:
Tentu saja. Misalnya, anda ingin mengetahui apakah laba perusahaan terpengaruh oleh kebijakan perpajakan yang baru. Unit analisis di sini adalah perusahaan. Contoh lain, anda ingin tahu apakah kantor akuntan publik akan menukar auditornya dalam melakukan tugas pengauditan jika perusahaan yang sedang diaudit oleh auditornya ternyata dimiliki oleh keluarga si auditor tersebut. Unit analisisnya di sini bukan perusahaan klien atau si auditor, tapi adalah kantor akuntan publik tersebut karena yang akan diamati adalah keputusan penggantian auditor yang tentunya hanya akan dilakukan oleh kantor akuntan, bukan oleh si auditor.

for this post

 
Blogger Sri Says:

Bedanya ma subjek penelitian pa klo gitu?

 
 
Blogger Dian Sari Says:

klo analisis pemasaran bawang putih variabelny ap... tolong di jwab y

 
 
Blogger Dian Sari Says:

< klo analisis pemasaran bawang putih varibelx ap>

 

Leave a Reply